Tuesday, February 19, 2013

Usai Facebook, Giliran Apple yang Diserang Peretas

0 comments

Jakarta - Apple Inc mengakui telah menjadi sasaran peretas akhir-akhir ini setelah sejumlah komputer Macintosh para pegawainya diserang oleh virus yang sama dengan virus yang digunakan untuk menyasar Facebook, Jumat pekan lalu (15/2).

Komputer-komputer pegawai Apple itu terkontaminasi virus ketika mereka mengunjungi website untuk para pengembang aplikasi. Virus atau atau program jahat itu yang bersembunyi dalam program berbasis Java pada browser itu tampaknya memang sudah disiapkan untuk menginfeksi komputer-komputer bikinan Apple.

Menurut seorang sumber yang terlibat dalam penyelidikan serangan terhadap Apple itu mengatakan bahwa bukan hanya komputer karyawan Apple saja yang terinfeksi virus itu tetapi juga beberapa perusahaan termasuk perusahaan kontraktor keamanan.

Serangan ini merupakan serangan siber paling besar terhadap komputer-komputer buatan Apple. Para peretas biasanya menyasar komputer-komputer bersistem Windows.

"Ini sungguh serangan yang besar terhaap Macs," kata sumber yang menolak namanya disebutkan itu.

Sementara menurut Charlie Miller, pakar keamanan komputer-komputer Apple yang menulis buku "Mac Hacker's Handbook", serangan itu menunjukkan bahwa para peretas kini kian banyak menginvestasikan sumber daya mereka untuk mempelajari kelemahan komputer-komputer Apple.
Penulis: Liberty Jemadu/BER

Leave a Reply

Search

Loading...